Pasif Income Sebuah Agen Bank di Kampung

agen sebuah bank

Aktivitas online yang mewarnai kehidupan saat ini nampaknya semakin berkembang dan meluas. Tentu saja hal itu berpengaruh pada kemudahan hidup yang diraskan oleh semua lapisan masyarakat baik di kota ataupun di perkampungan yang sudah dapat menikmati layanan internet. Misalnya saja aktivitas mengambil dan mengirim uang secara online pada sebuah mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Sebelum adanya fasilitas ATM, seseorang yang akan mengirimkan uang pada seseorang yang jauh di luar kota, haruslah pergi ke sebuah bank dengan bersabar antri di teller yang akan melayaninya. Namun, setelah ada fasilitas mesin ATM, bank hanya dikunjungi ketika akan berkonsultasi dengan customer servis atau ketika ada urusan lain saja selain mengambil dan menyimpan uang.

Karena aktivitas penyetoran atau pengambilan uang sudah dapat dilakukan di mesin ATM. Namun, keberadaan mesin ATM hanya berada di pusat kota saja. Orang yang bertempat tinggal di sebuah kampung tetap saja harus mengeluarkan biaya transportasi untuk keperluan transaksi bank walaupun hanya dilakukan di mesin ATM. Namun kini, kendala tersebut sudah menemukan solusinya dengan banyaknya agen sebuah bank di kampung-kampung yang dapat melayani transaksi bank seperti penyetoran atau pengambilan.

Biasanya agen sebuah bank tersebut dipersenjatai dengan mesin EDC sebagai pengganti fasilitas mesin ATM. Dengan mesin EDC yang berukuran kecil itu, dapat melakukan aktivitas transfer ke sesama bank ataupun antar bank. Dengan demikian, orang yang akan melakukan penarikan tunai bisa dilakukan dengan cara mentransfer terlebih dahulu ke rekening agen. Setelah transfer berhasil, lalu pihak agen memberikan uang tunai sesuai dengan jumlah yang ditransfer tadi. Untuk pelayanan jasa agen bank ini, dikenai biaya administrasi yang sangat murah bila dibanding dengan biaya transportasi ke mesin ATM yang berada di kota. Dengan demikian, agen bank mempunyai keuntungan tunai dari para nasabah yang melakukan transaksi lewat mesin EDC dari sebuah bank tertentu. Begitupun para nasabah yang berdomisli di kampung dimudahkan untuk bertransaksi tanpa harus menguras waktu, tenaga, dan biaya lebih besar.

Selain mendapatkan uang tunai dari para nasabah, pihak bank pun memberikan keuntungan dari setiap transaksi yang berhasil dilakukan dengan cara langsung mentransfer sejumalh rupiah ke rekening agen sebuah bank tersebut. Oleh karena itu, bisnis ini cukup memberikan keuntungan yang lumayan.

Leave a Reply