Keluhan dan Perubahan Pada Saat Usia Kehamilan 2 Bulan

Usia Kehamilan 2 Bulan

Pada usia kehamilan 2 bulan janin yang dulunya masih berupa zygot, kini mulai berkembang baik dengan menunjukkan adanya perkembangan membentuk jaringan-jaringan menjadi suatu organ tubuh. Perkembangan pada bentuk organ tubuh janin ini, juga disertai pada perkembangan jaringan otak janin. Perkembangan dalam kandungan inilah, yang kemudian banyak mempengaruhi perubahan fisik dan emosi pada seorang ibu hamil. Lalu apa saja perubahan fisik dan emosi yang mungkin ditemui oleh seorang ibu dengan usia kandungan dua bulan? Berikut ini sedikit ulasan mengenai hal tersebut.

Pada usia kandungan 2 bulan inilah, seorang ibu pada umumnya banyak mengalami keluhan mual yang kemudian akan disertai dengan rasa ingin muntah. Keluhan ini lebih banyak dialami oleh seorang ibu yang sedang mengandung pada saat pagi hari. Oleh kalangan umum, keluhan ini biasa disebut dengan morning sickness. Keluhan ini hampir dialami oleh kebanyakan ibu hamil muda, oleh karena itu apabila Anda sedang hamil dan mengalami kendala tersebut, bukanlah sesuatu yang harus Anda khawatirkan.

Keluhan lain yang seringkali dialami oleh seorang ibu ketika kandungan mereka memasuki usia hamil 2 bulan, antara lain adalah:

Ibu akan sering mengalami rasa sakit di kepala atau pusing.
Mudah merasa lelah meskipun tidak melakukan aktivitas apapun yang memberatkan badan.
Bertambahnya frekuensi buang air kecil dalam keseharian mereka.
Ibu hamil akan merasakan mulai adanya benjolan yang terdapat didalam perut mereka.
Penciuman ibu hamil yang bertambah sensitif dan biasanya pada aroma tertentu yang tidak disukai akan mempengaruhi rasa pusing dan mual yang semakin hebat.
Mulai merasakan adanya keinginan untuk menikmati makanan tertentu atau yang biasa disebut dengan ngidam.

Sedangkan untuk perkembangan janin pada saat ibu mulai memasuki masa kehamilan dua bulan, janin sudah mulai dapat dirasakan detak jantungnya berjalan dengan stabil jika dibanding dengan usia kehamilan sebelumnya. Meskipun hal ini baru dapat didengarkan dengan alat khusus, namun bagi ibu yang sedang mengandung janin 2 bulan, mereka dapat merasakannya sendiri dengan adanya perubahan kondisi dalam perut mereka. Perubahan embrio dalam perut ini kemudian akan mempengaruhi perubahan dalam bentuk badan ibu hamil.

Perubahan bentuk janin yang mempengaruhi bentuk fisik dan emosional ibu hamil inilah yang kemudian harus diketahui dengan pasti oleh seorang ibu hamil dan pasangannya, agar nantinya mereka dapat saling menguatkan dan memahami mengenai perubahan ini. selain dari segi mental, fisik dari ibu yang memasuki usia kehamilan 2 bulan pun harus selalu dijaga. Dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan menambah asupan susu khusus bagi ibu hamil, niscaya kesehatan ibu dan janin dapat terjaga dengan baik. Salah satu susu khusus ibu hamil terbaik yang dapat Anda pilih dan gunakan adalah susu S-26 Mama, yang diproduksi secara khusus oleh Wyeth.

Leave a Reply