Contoh Surat Pengunduran Diri Bagi Anda yang Ingin Resign Dari Perusahaan

Saat Anda merasa sudah tidak nyaman bekerja di suatu perusahaan. Maka mengundurkan diri atau resign bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Tolak ukur nyaman atau tidaknya tentu Anda sendiri yang tahu. Bisa jadi juga karena posisi jabatan yang tidak sesuai dengan kompetensi yang Anda kuasai. Tapi ketika Anda memutuskan untuk mengundurkan diri, ada etika yang harus diperhatikan, salah satunya adalah membuat surat pengunduran diri. Carilah contoh surat pengunduran diri agar Anda tidak kesulitan dalam membuatnya.

kompasiana.com

Lebih lengkapnya, berikut akan kami ulas tentang etika yang perlu diperhatikan saat ingin mengundurkan diri dari perusahaan tempat Anda bekerja.

Sampaikan Kepada Atasan Secara Informal

Apabila alasan Anda resign cukup logis dan profesional, maka akan lebih baik jika Anda menyampaikan keputusan ini pada atasan. Sampaikan alasan Anda secara jelas agar atasan tidak salah paham dengan keputusan tersebut. Sampaikan juga perihal kapan Anda akan mengundurkan diri.

Berikan Surat Pengunduran Diri Setidaknya 1 Bulan Sebelum Hari-H

Meski Anda sudah ingin berhenti bekerja secepatnya, tapi Anda tidak boleh egois terhadap perusahaan yang selama ini mendukung karir Anda. Untuk itu sampaikan surat pengunduran diri satu bulan sebelumnya. Rentang waktu 1 bulan ini akan dimanfaatkan perusahaan dalam mencari pengganti untuk menempati posisi yang Anda tinggalkan.

Selesaikan Tanggungan Pekerjaan

Tinggalkan perusahaan dengan memberikan kesan yang baik. Salah satunya adalah dengan menuntaskan tanggung jawab yang sudah dibebankan pada Anda. Jangan sampai keputusan Anda untuk resign justru mengganggu kinerja perusahaan. Dengan menyelesaikan tanggungan pekerjaan yang tersisa, setidaknya akan memudahkan karyawan baru untuk mempelajari tugas – tugas pekerjaan di bidang tersebut.

Demikian tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin mengundurkan diri dari perushaan tempat Anda bekerja. Apabila ini pertama kalinya bagi Anda, sebaiknya carilah contoh surat pengunduran diri agar Anda bisa menulis surat pengunduran diri dengan baik dan benar. Meskipun Anda sudah menyampaikan keinginan resign pada atasan, surat pengunduran diri harus tetap ditulis dengan baik.

 

 

Leave a Reply