Berikut Ciri dan Jenis Surat Dinas

Karena dikeluarkan oleh instansi pemerintah, maka dalam penulisan surat dinas pun juga harus memenuhi format surat secara resmi. Tata kepenulisan surat dinas juga memiliki patokan umum yang harus dipenuhi. Karenanya, terdapat pula jenis – jenis surat dinas yang pembagiannya didasarkan pada isi dan tujuan penggunaan surat tersebut.

Jenis – Jenis Surat Dinas

Type – type surat dinas ada 10 jenis, yaitu surat pemberitahuan, surat undangan, surat kuasa, surat info, surat memo atau nota dinas, surat edaran, surat pengantar, surat perintah, surat instruksi dan surat pekerjaan. Tersebut info dari masing – masing type surat dinas itu :

1. Surat pemberitahuan
Surat pemberitahuan yaitu type surat dinas yang berisi tentang pemberitahuan yang diperuntukkan pada semuanya anggota lingkungan kerja supaya mereka ketahui satu hal atau info spesifik berkaitan apa yang perlu untuk diketahui.

2. Surat undangan
Surat undangan yaitu surat yang berisi berbentuk pemberitahuan yang berbentuk menginginkan hadirnya seorang atau sekumpulan orang supaya bisa berperan serta dalam acara spesifik ditempat serta saat spesifik.

3. Surat kuasa
Surat kuasa yaitu surat yang berisi mengenai pelimpahan wewenang dari seseorang petinggi pada seorang atau petinggi beda yang bisa diakui agar bisa melakukan tindakan mewakili orang yang berikan kuasa itu, karena orang yang berkaitan tidak bisa melakukannya sendiri.

4. Surat keterangan
Surat info yaitu surat yang berisi bermanfaat untuk menjelaskan mengenai kesibukan seorang atau suatu hal hal spesifik.

5. Surat memo atau nota dinas
Surat memo dimaksud sebagai nota dinas. Surat memo adalah surat spesial yang dipakai dengan interen dalam satu unit organisasi yang dikerjakan oleh petinggi kantor dengan isi yang relatif singkat.

6. Surat edaran
Surat edaran dalah surat yang berisi diperuntukkan jadi bentuk pemberitahuan mengenai suatu hal yang diperuntukkan pada sebagian orang atau pada banyak pihak sekalian.

7. Surat pengantar
Surat pengantar yaitu type surat dinas yang dipakai untuk mengantar suatu hal dengan maksud supaya orang yang menerimanya ketahui maksud suatu hal yang diterimanya.

8. Surat perintah
Surat perintah yaitu type surat dinas yang di keluarkan oleh satu lembaga/pihak yang ada di tempat/jabatan lebih tinggi yang diperuntukkan pada pihak/lembaga yang lebih rendah, supaya bawahan itu bisa melakukan perbuatan suatu hal atau tidak melakukan perbuatan suatu hal seperti diterangkan dalam surat perintah itu.

Baca Juga : Contoh Surat Perintah

9. Surat instruksi
Surat instruksi diisi perintah dan panduan – panduan yang di buat berdasar pada ketentuan serta kebijaksanaan pimpinan.

10. Surat tugas

Surat pekerjaan yaitu surat yang datang dari pihak/petinggi yang lebih tinggi tempatnya untuk memberikan tugas pada seseorang atau sekumpulan bawahan agar bisa lakukan pekerjaan spesifik.

Leave a Reply